Teknologi Sebagai Sarana Berdakwah Masa Kini


Assalammu’alaikum wr,wb. 

Hai guys, pada kesempatan kali ini penulis ingin menyampaikan sesuatu yang ada hubungannya dengan sarana penyiaran agama islam atau yang biasa dikenal dengan berdakwah. Sebelumnya penulis ingin bertanya apa itu arti dakwah atau berdakwah ?. Ya, jawabannya dakwah itu ialah suatu cara untuk menyebarkan ajaran agama Allah SWT untuk disampaikan kepada umat-NYA, sedangakan berdakwah itu ialah salah satu cara yang dilakukan oleh sesorang untuk menyampaikan secara langsung ajaran agama kepada khalayak banyak.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui apa itu arti dakwah dan berdakwah, sekarang permasalahannya bagaimana agar berdakwah itu dapat diterima oleh khalayak banyak ?, pastinya itu semua ada jalan keluarnya. Jika kita berbicara masalah berdakwah untuk khalayak banyak pada zaman ini harus memiliki banyak ide-ide kreatif agar apa yang disampaikan dapat diterima dan dapat membuat khalayak be interest with it.

Pada zaman modern dan canggih seperti sekarang tidak terlepas dari yang namanya teknologi yang mendukung akan hal tersebut. Jika kita hubungkan dengan berdakwah ini dapat menjadi suatu sarana yang tepat dan efektif, karena zaman sekarang orang-orang tidak terlepas dari teknologi untuk keperluannya masing-masing. Salah satu contoh handphone yang sudah memiliki kecanggihan orang sudah banyak memilikinya, dan tidak hanya itu masih ada computer, computer tablet, laptop, notebook dan masih banyak lagi.Itu semua adalah teknologi yang canggih yang dapat kita manfaatkan sebagai salah satu sarana berdakwah yang paling efektif dan banyak disukai seseorang, karena secara tidak langsung dapat mentrasfer ilmu dan juga saling mengingatkan satu sama lain akan ajaran Allah dan rasulnya. Misalnya saat ini sudah banyak orang-orang yang memakai posel Blackberry yang di dalamnya terdapat fasilitas blackberry messenger (BBM) dapat saling share tulisan-tulisan, ayat-ayat al-qur’an, hadist dan amanat-amanat yang disampaikan para nabi dan rasul kepada sebagian orang pada contact bbmnya.

Pada zaman sekarang kita sebagai umat islam untuk dapat saling mengingatkan dan berbagi ilmu agama harus mempunyai nilai keistimewaan tersendiri tidak hanya berceramah dari satu majelis ke majelis lain yang membutuhkan waktu dan biaya. Dalam teknologi kita juga dapat berdakwah secara tidak langsung kepada semua orang, dan bagi penulis itu merupakan salah satu cara dan strategi yang bagus dan mantap untuk menyebarkan ajaran agama Allah SWT kepada seluruh umat muslim masa kini. Untuk saat ini sudah banyak website atau blog yang berisi tentang agama islam dimana banyak para pembaca (readers) yang berkunjung pada website atau blog tersebut untuk mengetahui isi dari blog tersebut.
Mari kita bersama-sama menyebarkan ajarana agama Allah SWT, karena itu termasuk jihat di jalan Allah, dan Allah sudah menjanjikan kepada kita umatnya, siapa yang berjihat untuk agamaKU yaitu agama islam, maka dia termasuk golongan orang beruntung dan mendapatkan surganya Allah kelak. Amin

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More